Saat Covid-19, Kominfo Siapkan Kebijakan Percepatan Masuk ke Ruang Digital

indonesiasatu, 25 May 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mempersiapkan kebijakan untuk mempercepat mengalihkan kegiatan masyarakat dari konvesional ke digital memasuki era normal baru (New Normal) di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

"Kita menyiapkan masyarakat Indonesia untuk cepat masuk ke ruang digital," ujar Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan melalui siaran video, Senin (25/5/2020).

Menurut dia, Kominfo tengah merumuskan berbagai aturan yang mendukung upaya tersebut segera terwujud. Mengingat, di masa pandemi Covid-19 penggunaan ruang digital sebagai alternatif pengganti komunikasi langsung tatap muka.

Aktivitas komunikasi melalui ruang digital antar sesama masyarakat akan segra marak dilakukan oleh setiap individu yang terdampak virus ini. Hal ini akan meminimalisir resiko terinfeksi virus tersebut yang dapat menular melalui kontak langsung dan cipratan cairan hidung.

"Ini bukan lagi ruang yang tanpa tanpa aturan. Harusnya sudah dianggap sebagai realitas," katanya.

Pada tahapan saat ini, pihaknya tengah melakukan serangkaian sosialisasi terhadap masyarakat melalui berbagai medium komunikasi. Harapannya, masyarakat dapat memanfaatkan ruang digital secara positif di masa maraknya Covid-19.

"Melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Bagaimana juga dengan gadget yang dimiliki, bisa memanfaatkannya untuk hal-hal yang produktif," tuturnya.

Sebelumnya, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo Widodo Muktiyo menjelaskan, Di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), ternyata membawa dampak positif terhadap meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penggunaan teknologi internet dalam kehidupan sehari-hari.

"Positifnya yang saya lihat dari sisi adalah, ternyata masyarakat saat ini cepat aware terhadap teknologi internet," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Widodo Muktiyo melalui siaran Webinar "Internet dan Perlindungan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19" beberapa waktu lalu

Penyebaran Covid-19 yang merebak, kata dia, memaksa masyarakat untuk menggunakan teknologi internet sebagai ganti komunikasi tatap muka. Termasuk, di wilayah pelosok yang saat ini sudah mulai menggunakan teknologi internet di masa wabah virus ini.

"Sampai di pelosok-pelosok masyarakat mulai menggunakan teknoklogi internet," tuturnya.(***)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu