PSBB Jakarta di Masa Transisi Sejumlah Pedagang BKT Menilai Satpol PP Tak Adil Tertibkan Pedagang Kecil

heriyoko, 07 Jun 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA--Pasar Malam Banjir Kanal Timur (BKT) Duren Sawit, Jakarta Timur, kembali ramai oleh pengunjung dan ratusan pedagang yang berjajar membuka lapak di bahu jalan. Mayoritas mereka berjualan pakaian, makanan, minuman dan kebutuhan rumah tangga.

Pantauan Indonesiasatu.co.id, suasana BKT Minggu malam (7/6/2020) cukup ramai dengan pejalan kaki serta pengendara motor. Bahkan, sejumlah sepeda motor pengunjung diparkir di badan jalan BKT. Begitu pula arena permainan anak- anak tak luput dari perhatian pengunjung yang membawa anaknya ke arena tersebut.

Petugas Satpol PP Kecamatan Duren Sawit dengan mobil patroli tampak memantau di jembatan penghubung BKT setelah menertibka pedagang kopi dan pedagang lainnya di Jembatan tanpa ada upaya tegas menertibkan pedagang lainnya serta pengunjung yang melanggar pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi (New Normal).

”Ga adil masa hanya pedagang di jembatan penghubung BKT aja yang ditertiban. Pedagang lainnya dan kerumunan pengunjungnya ga ditertibkan” ujar Titin, pedagang kopi.

Para pedagang yang biasa mangkal di jembatan penghubung merasa bingung dengan aturan yang diterapkan Satpol PP lantaran pilih kasih dalam pengawasan PSBB guna mencegah virus corona. Bahkan mereka menduga hanya pedagang yang membayar lapak boleh berjualan.  

”Kalau dibilang melanggar yang semua juga melanggar karena ga boleh ada keramaian yang beresiko penularan Covid-19”. kata Amin pedagang makanan.

Menurutnya, para pedagang di Jembatan penghubung BKT Sawah Barat dan Bambu Duri sudah dua bulan tidak berjualan saat pademi Covid-19 melanda Jakarta. Oleh karena itu, pedagang berupaya mencari nafkah lagi setelah ada kelonggaran PSBB.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balaikota, Kamis, (4/6/2020) memutuskan untuk kembali memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Ibu Kota hingga akhir Juni 2020 demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona dan menetapkan bulan Juni sebagai masa transisi.

Dalam masa transisi, masyarakat diizinkan melakukan kegiatan sosial dan ekonomi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sanksi untuk pelanggaran PSBB tetap berlaku mulai dari kegiatan usaha sampai kegiatan kemasyarakatan tidak ada perkecualian.

Pelonggaran PSBB di masa transisi hanya dilakukan terhadap kegiatan yang bermanfaat besar untuk masyarakat dan memiliki efek risiko yang terkendali. Masyarakat juga diminta tak berkumpul lebih dari lima orang dan menggunakan masker. (hy)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu