Orang Tua Siswa Demo, Protes Kriteria Usia Dalam PPDB 2020-2021 DKI Jakarta

heriyoko, 23 Jun 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA--Sejumlah orang tua siswa yang tergabung dalam Gerakan Emak dan Bapak Peduli Pendidikan dan Keadilan (GEPRAK) melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, (23 / 6 / 2020). Mereka meminta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan agar menghapus kriteria usia dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020-2021 di DKI Jakarta.

Koordinator orang tua siswa, Tita Soedirman menyatakan unjuk rasa ini dilakukan karena audiensi yang mereka lakukan sebelumnya tidak membuahkan hasil yang diinginkannya, yaitu menghapus aturan prioritas usia pada PPDB DKI.

"Kemarin nggak ada kesepakatan maka kita melakukan aksi. Kemarin cuma audiensi dan mediasi sudah didampingi oleh Komisi E DPRD tetap nggak ada solusi, ujar Tita.

Sementara itu, Fitri orang tua siswa yang beraktivitas di Transjakarta mengaku  bimbang untuk mendaftarkan anaknya pada tahun ajaran ini karena seleksi berdasarkan kreteria usia.

”Anak saya yang nomor 2 mau masuk sekolah dengan pilihan ke SMA sampai sekarang bingung dengan adanya prioritas umur karena yang sudah mendaftar dengan jalur afirmasi kebanyakkan mental dengan seleksi umur” katanya.

Pendaftaran jalur Afirmasi PPDB 2020-2021 dibuka pada 19 Juni hingga 22 Juni 2020. Hasil seleksi diumumkan 23 Juni 2020. Sementara itu, untuk pendaftaran PPDB jalur Zonasi akan dibuka pada 25 Juni hingga 27 Juni 2020.  

Menurut Fitri para orang tua siswa yang melakukan aksi ini mendesak Gubernur Anies Baswedan untuk menghapus kriteria usia sebagai syarat masuk PPDB dan mengembalikan Permendikbud 44/2019 pasal 25 ayat 1 mengenai sistem zonasi.

Sebelumnya, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti menanggapi rencana aksi sejumlah orang tua siswa tersebut menyatakan bahwa mengemukakan pendapat adalah hak setiap warga negara.

”Ya harusnya mereka sabar mengikuti proses dulu. Jalur afirmasi baru ditutup 22 Juni 2020, pukul 15 wib. Kita tunggu saja pengumuman resmi disdik terkait keputusan yang diterima”. kata Retno. Senin (22/6/2020).

Menurut Retno,  Ketentuan umur adalah ketentuan pemerintah pusat yang tertuang dalam pasal 24-25 permendikbud 44/2020. Berlaku seluruh Indonesia, bukan hanya DKI Jakarta. KPAI tetap akan memantau pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) 2020-2021. Usia bukan kriteria utama tapi criteria kedua ketika pendaftar melampaui kuota di suatu sekolah.

Sementara itu, Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah mengelurkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 501 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB. SK tersebut mengatur, jika calon peserta didik baru yang mendaftar di jalur zonasi melebihi daya tampung, maka dilakukan seleksi berdasarkan usia tertua ke termuda, urutan pilihan sekolah, dan waktu mendaftar.

Aturan serupa juga berlaku untuk jalur afirmasi. Kriteria usia juga digunakan di jalur pretasi akademik dan luar DKI Jakarta. Apabila calon peserta didik baru di jalur ini melebihi daya tampung, maka dilakukan seleksi berdasarkan perkalian nilai rata-rata rapor dengan nilai akreditasi, urutan pilihan sekolah, usia tertua ke usia termuda, dan waktu mendaftar.

Jalur prestasi non akademik juga memuat kriteria usia apabila calon peserta didik baru melebihi kuota. Selain usia, seleksi jalur prestasi non akademik berdasarkan jenjang kejuaraan tertinggi, peringkat kejuaraan, kategori kejuaraan (diutamakan perorangan), dan perkalian nilai rata-rata rapor dengan nilai akreditasi.

Kemudian, jalur pindah tugas orang tua dan anak guru juga menggunakan kriteris usia tertua ke usia termuda. Selain usia, seleksi jalur ini berdasarkan perkalian nilai rata-rata rapor yang telah divalidasi dengan nilai akreditasi, urutan pilihan sckolah dan waktu mendaftar.(hy)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu