KPAI : 213 Pengaduan PJJ Mayoritas Keluhkan Beratnya Tugas Dari Guru Kepada Siswa

heriyoko, 16 Apr 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA--Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI) menerima 213 pengaduan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari semua jenjang pendidikan selama pandemi Covid-19. Pengaduan terbanyak berasal dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Adapun wilayahnya meliputi 14 provinsi dengan 45 kabupaten/kota.

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, mengatakan  selama kurun waktu tiga minggu sejak 16 Maret hingga 9 April 2020 mayoritas pengaduan terkait dengan beratnya penugasan yang diberikan guru kepada siswa Sedangkan waktu pengerjaannya sangat singkat dan menguras energi serta kuota internet. Siswa SMA/SMK banyak yang diberi tugas menulis esai hampir di semua bidang studi.

 “Ada siswa SD di Bekasi yang diminta mengarang lagu tentang corona. Dinyanyikan disertai musik dan harus divideokan,” ujar Retno. dalam keterangan tertulis yang diterima Indonesiasatu.co.id Kamis (16/4/2020).

Menurut Retno, banyak guru yang menugaskan muridnya untuk merangkum materi buku pelajaran dan menyalin soal dari buku. Ada siswa SD yang mendapat tugas menyalin 83 halaman buku cetak sebagai bentuk penugasan dari gurunya. Ada pula siswa kelas 4 SD ditugaskan untuk menulis bacaan sholat menggunakan bahasa Indonesia hingga bahasa Arab.Padahal semuanya ada di buku cetak.

Selain itu, banyak pengadu yang juga mempersoalkan pelaksanaan PJJ sangat kaku sebagaimana jam sekolah normal. Seharusnya, jam belajar dapat dibuat lebih fleksibel, apalagi tugas yang diberikan oleh seluruh guru tidak sedikit jumlahnya.

Persoalan lain yang dikeluhkan ialah, tidak seluruh siswa memiliki kuota yang cukup untuk mengikuti pembelajaran secara daring.

”Ada siswa yang tidak memiliki laptop atau komputer sehingga kesulitan untuk mengikuti pembelajaran tersebut” ujar Retno. (hy)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu