Barata Club Berharap Taekwondo Masuk Program Olimpiade Olahraga Siswa Nasional

heriyoko, 15 Feb 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA-- Cabang Olahraga beladiri yang masuk dalam program pemerintah khususnya Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) saat ini baru Pencaksilat dan Karate. Padahal dari Taekwondo banyak bibit baru atlet cabang olahraga beladiri ini khususnya di kalangan pelajar.  

Tommy Edward pelatih Barata Taekwondo Club Unit Cawang, mengemukakan hal itu usai menyaksikan atlet pemula asuhannya menyabet empat medali emas dan enam medali perak dalam kejuaraan Taekwondo Piala Bergilir Ketua Umum Koni Pusat 2020 di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (14/2/2020).

Barata Taekwondo Club menyertakan 30 atlet dalam Kejuaraan Taekwondo Piala Bergilir Ketua Umum Koni Pusat 2020 yang akan berlangsung hingga Minggu (16/2/2020).

Pada hari pertama kejuaraan Jumat (14//2/2020) sebanyak 4 medali emas diraih atlet pemula masing oleh Zaskia, Jovanka, Ratu, dan Herman. Sedangkan 6 perak diraih oleh Afizah, Arvariel, Zhafira, Fitri, Valentino dan Puti.    

Selaku pelatih DAN 2 Internasional menyatakan dalam Kejuaraan Koni Pusat dapat membimbing agar siswa bisa mendapatkan pengalaman bertading. dapat meraih prestasi, dan bisa memilih sekolah yang mereka inginkan melalui jalur prestasi olahraga baik tingkat SD, SMP sederajat, SMA sederajat, Perguruan Tinggi, bahkan mereka bisa masuk ke instansi instansi yang mereka inginkan. Namun sebelum masuk kejalur prestasi kendala yang dialami saat ini untuk kelas pemula belum masuk program pemerintah khususnya O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional). kalau dulu disebutnya PORSENI, (Pekan Olahraga dan Seni) dimana semua anggaran di kucurkan oleh Pemerintah.

”Kami berharap Taekwondo bisa ikut Olimpiade Olahraga Siswa Nasional karena saat ini cabang olahraga beladiri yang masuk ke dalam O2SN baru Pencaksilat dan Karate”. ujar Tommy.

Menurut Tommy, kejuaraan Taekwondo tingkat pemula masih berbentuk Festival yang sifatnya masih Komersial mulai dari Pendaftaran, Peralatan dan Perlenkapan Kejuaraan dibebankan kepada orang tua siswa. Sedangkan, mereka yang berlatar belakang ekonomi lemah akan kesulitan untuk mendaftar dalam Festifal taekwondo. sekalipun jumlah peminatnya dan antusias dari masyarakat cukup lumayan besar. dan bisa dikatakan Taekwondo adalah salah satu cabang olahraga menengah keatas. Walaupun tidak menutup kemungkinan ada sponsor yang mengikut sertakan siswa yang berlatar bekang ekonomi lemah.

Tommy menambahkan, jalur festival biasanya sebagai ajang persiapan para atlet dari masing masing Club khusunya Barata Taekwondo Club, sebelum masuk ke dalam jalur Prestasi baik dari tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi, Nasional sampai dengan Internasional. Jalur Prestasi ini yang baru bisa didanai oleh pemerintah mulai dari tingkat Kota, Provinsi bahkan tingkat Pusat Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) dibawah naungan KONI. dan rata rata atlet tingkat daerah semuanya difasilitasi seperti Honor, Sarana/Prasarana, sampai dengan Bonus.

”Semoga kami dari Club Barata bisa terus maju menciptkan bibit atlet berprestasi yang bisa mengarumkan nama baik bangsa, khusunya dari unit Cawang, Jakarta Timur” harap Tommy Edward.(hy)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu